Senin, 22 April 2013

Muhasabah dalam sunyi


Ini dunia, bukan surga para manusia pilihan
Malam ini kubiar air mata mengalir membasuh jiwa yang mungkin sudah diselimuti debu
Dahulu sekali, manusia tak pernah meminta kepada Sang Pencipta siapa yang akan menjadi ayah ibunya, saudaranya, dimana ia dilahirkan dan dibesarkan…termasuk aku
Dahulu sekali, manusia tak pernah mengetahui bagaimana warna hidup yang akan ia lihat saat ini, maupun rasa kehidupan yang akan dicecap saat ini…
Aku sadar setiap manusia memiliki ujiannya masing-masing, bahkan mungkin melebihi ujian yang sedang kunikmati saat ini. Tak ada niat untuk menambah beban bagi  mata yang mengeja kata demi kata ini.
Astaghfirullooh…astaghfirullooh…astaghfirullooh..
Beginilah caraku untuk menghapus titik-titik air mata yang mengembun satu persatu. Beginilah caraku untuk menghela sesak di dada. Menumpahkan kata-katanya. Menuliskannya. Lalu memuarakannya pada harapan dan do’a.
Menangis dalam kesunyian adalah pilihan. Sebab aku perempuan, yang sering berbahasa dengan diam dan tangis.
Kuhibur hati dengan mengatakan: ini sebuah proses…proses..proses untuk izzah lebih tinggi…lebih tinggi…lebih tinggi lagi…
Aku manusia, bukan malaikat…
Yang rindunya bisa terluka demi melihat seorang jundi kecil tertawa, aku ingin memeluknya erat..
Yang nuraninya bisa terusik demi melihat seorang jundi kecil menangis, aku ingin menenangkannya dalam dekapan…
Ahhh…aku rindu sekali…
Aku iri pada mereka yang sudah memiliki gelar mulia seperti Khadijah yang mengabdi pada Rasulullah..
Aku iri pada mereka yang menuai pahala lebih utama di belakang para imam mereka…
Aku iri pada mereka yang menjemput ridho ilahi gegas bersama anak-anak sholeh di belakangnya…seperti Khonsa’ dengan jundi-jundinya.
Aku paham dengan dunia.
Dunia dengan segala warna yang memukau silau
Pegangi tanganku Ya Robb, agar aku tak merasa sendiri…
Agar aku merasa kuat…
Agar dadaku lapang dari dunia yang semu
Maka, izinkan aku senantiasa berdo’a kepada-Mu, Ya Allah..
Menghiba kebaikan dunia dan akhirat…
Padangsidimpuan, 22 April 2013

*menghimpun mimpi yang sempat terserak



Dunia Perempuan